Minggu, 21 Januari 2018

11 Manfaat Masker Timun Untuk Wajah Dan kecantikan anda

cara membuat masker wajah alami
Masker wajah

Mentimun merupakan buah yang sangat banyak mengandung air, yaitu sekitar 90% dari buahnya. Mentimun sudah sangat terkenal sebagai bahan kecantikan alami terbaik untuk mengatasi noda, bekas luka, memutihkan kulit, serta mengencangkan kulit. Karena mentimun memiliki kandungan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol, sodium, Vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Dan yang paling baik adalah kandungan kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C, dan Vitamin K yang cukup tinggi.

Dengan semua nutrisi yang dimiliki timun maka sangat cocok jika mentimun mendapat predikat buah yang kaya akan manfaat dan sangat baik untuk tubuh kita serta dapat meningkatkan proses peremajaan kulit dengan cepat.

Mentimun merupakan bagian penting dari sebuah produk kecantikan wajah yang selama ini digunakan, seperti facial wajah. Karena efek yang mendinginkan dari timun, maka sangat cocok untuk membantu mengatasi semua masalah kulit wajah Anda. Selain manfaat masker timun untuk wajah juga dengan mengkonsumsi mentimun dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah Dan Kecantikan


Untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya maka kita dapat membuatnya sebagai masker wajah untuk merawat dan meremajakan kulit wajah. Dengan menjadikan timun sebagai masker wajah maka akan membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti wajah berjerawat serta dapat mencerahkan kulit wajah secara alami. Berikut manfaat masker timun untuk wajah dan kecantikan :

1. Pembersih radikal bebas
Kandungan antioksidan seperti karoten, zea xanthin dan lutein akan membantu membersihkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan penyakit kulit lainnya.

2. Mengencangkan kulit wajah
Masker mentimun mengandung sari inti mentimun yang mampu mengencangkan kulit wajah. Karena kandungan air yang tinggi di dalam mentimun memberikan hydrating dan pelembab wajah alami. Serta membantu memelihara kulit dari sengatan sinar matahari.

3. Mencerahkan kulit
Kandungan pemutih ringan yang terdapat pada mentimun dapat membalikkan taning pada kulit. Taning ini berfungsi sebagai mencegah penuaan dan meremajakan kulit sehingga kulit wajah kembali muda dan cerah kembali.

4. Mengobati bintik- bintik dan noda hitam
Manfaat masker timun untuk wajah dan kulit lainnya adalah menghilangkan bintik-bintik hitam dan noda hitam pada wajah akibat cahaya sinar matahari. Mentimun dapat dipakai sebagai tonik yang berkhasiat untuk mengurangi serta menghilangkan bintik-bintik dan noda hitam pada kulit.

5. Pelembab alami
Kandungan air yang tinggi sekitar 90% dalam mentimun sangat baik untuk membantu memelihara kulit, selain itu juga kaya akan asam amino dan mineral yang membantu mencegah penuaan kulit. Dengan sifat alami mentimun tersebut, maka dapat dimanfaatkan sebagai pelembab yang efektif untuk kulit wajah.

6. Mengurangi pembengkakan kantung mata
Asam askorbat dan asam caffeic yang terkandung dalam mentimun akan membantu mengurangi terjadi pembengkakan di sekitar mata. Seperti mata bintitan, mata panda, dan masalah mata lainnya yang sangat mengganggu penampilan kita sehari-hari.

7. Menyembuhkan luka bakar akibat matahari
Apabila berada di bawah matahari dalam waktu yang cukup lama maka dapat mengakibatkan kulit terasa terbakar dan menghitam lebam. Untuk menghilangkan efek terbakar akibat sinar matahari Anda bisa menggunakan mentimun sebagai pelembab kulit. Efek mendinginkan mentimun akan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit seperti semula sehingga akan membuat kulit menjadi putih alami dan lembut kembali.

8. Mengecilkan pori yang terbuka
Mentimun yang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kulit dapat dimanfaatkan sebagai toner yang sangat baik untuk wajah. Untuk menggunakannya Anda dapat membuat masker timun dan mencampurkan dengan sari cuka apel, perasan lemon, putih telur, lidah buaya, dan tomat untuk mengencangkan kulit dan menutup pori-pori wajah yang terbuka.

9. Menghilangkan keriput
Sebagai bahan yang sering digunakan sebagai produk kecantikan, tentu akan memiliki banyak manfaat yang membantu mengatasi masalah kulit. Vitamin E dan kalium yang ada pada timun sering digunakan untuk bahan facial yang bertujuan untuk mengurangi keriput, garis halus, dan tanda-tanda penuan dengan cepat.

10. Meningkatkan peremajaan kulit
Khasiat umum mentimun adalah meremajakan kulit wajah agar lebih terlihat cerah. Masker mentimun digunakan untuk menjadikan kulit wajah menjadi halus dan lembut.

11. Mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat
Banyaknya kandungan antioksidan dan silika yang terkandung pada mentimun dapat berkhasiat untuk meremajakan kulit serta menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Mentimun mempunyai kekuatan yang cepat serta aman untuk digunakan. Cukup tempatkan 2 irisan limun pada mata selama 20 menit maka lingkaran hitam pada mata akan cepat menghilang.

Pada dasarnya manfaat timun tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat timun untuk memperoleh wajah yang cantik, putih, kencang, dan berseri. Selain untuk kecantikan, kandungan kalori yang rendah untuk dikonsumsi akan mengatasi masalah kesehatan pencernaan kita.

Cara Membuat Masker Mentimun Tanpa Campuran


Setelah membahas mengenai manfaat masker timun untuk wajah dan kecantikan, sekarang kita coba membuat masker mentimun tanpa campuran apapun untuk perawatan kulit wajah kita.

  • Mencuci wajah, sebelum menggunakan masker timun, terlebih dahulu untuk mencuci wajah dengan air hangat.
  • Siapkan mentimun, kemudian siapkan 1 buah mentimun yang bersih dan masih segar untuk digunakan.
  • Haluskan mentimun, Anda dapat langsung mengiris mentimun kemudian dioleskan, atau dihaluskan dengan cara diblender terlebih dahulu. Anda juga bisa mencampurkan mentimun dengan lemon, madu, putih telur, yoghurt, buah alpukat, susu tawar atau tanpa campuran apapun.
  • Oleskan mentimun, jika timun sudah diblender atau dihaluskan, maka langsung saja oleskan halusan mentimun tersebut keseluruh wajah. Lakukan sembari berbaring atau bisa minta bantuan orang lain untuk mengoleskannya.
  • Diamkan masker, setelah dioleskan maka diamkan olesan mentimun tersebut sekitar 15-20 menit atau jika ingin lebih optimal bisa mendiamkan selama 1 jam sampai terasa kaku agar kandungan mentimun lebih meresap ke pori-pori.
  • Cuci bersih masker, setelah wajah terasa kaku atau waktu yang ditetapkan sudah sampai, maka cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air hangat kemudian dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang sudah terbuka. Terakhir lap wajah Anda, tapi ingat jangan digosok cukup tepuk-tepuk saja menggunakan handuk halus agar air meresap ke handuk.

Efek Samping Mentimun
Pada sebagian orang mengkonsumsi mentimun akan menimbulkan efek samping bagi tubuh, jika hal tersebut terjadi maka segera hentikan kebiasaan mengkonsumsi mentimun dan jika masih berlanjut segera menghubungi dokter terdekat.

Alergi
Bagi sebagian orang akan alergi dengan buat mentimun, terutama pada rongga mulut akan menimbulkan rasa gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan memasak buah mentimun terlebih dahulu sebelum di makan.

Gangguan Pencernaan
Pada beberapa orang timun akan menyebabkan gastritis dan masalah pencernaan. Hal ini disebakan oleh kandungan senyawa cucurbitacin pada buah mentimun.

Keracunan
Mentimun juga dapat menyebabkan keracunan dan rambut rontok karena kandungan bahan kimia yang tidak cocok pada buah timun. Hal ini terjadi pada seseorang yang sering mengkonsumsi mentimun dalam jumlah yang berlebihan dan buah yang sudah tidak segar lagi.

Sebenarnya manfaat masker timun secara umun adalah mencerahkan, mengencangkan, melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah secara alami dan cepat agar kulit wajah tidak menjadi masalah dalam berpenampilan.

Demikian artikel 11 Manfaat masker timun untuk wajah dan kecantikan yang dapat Anda praktekkan di rumah dengan mudah. Selalu gunakan bahan alami untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Semoga bermanfaat, terima kasih!

0 komentar

Posting Komentar